Yearly Archive: 2012

Definisi Plambing

Istilah alat plambing digunakan untuk semua peralatan yang dipasang di dalam ataupun diluar gedung, untuk menyediakan air panas atau air dingin dan untuk mengeluarkan air buangan. Untuk lebih sederhananya, alat plambing merupakan peralatan yang dipasang pada :

Continue reading »

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/utilitas-gedung/definisi-plambing

Persiapan Mengecat Dinding Rumah

Mengecat dinding rumah dapat dilakukan siapa saja, asalkan memperhatikan beberapa hal seputar painting. Apakah Anda pernah mencoba mengecat rumah sendiri? Mungkin pernah, namun terkadang hasilnya kurang baik atau kurang ‘cetar’. Lalu akhirnya Anda menyerahkan kembali pengecatan itu kepada yang ahlinya atau tukang cat.¬†Berikut ini adalah tips untuk melakukan pengecatan. Ada beberapa peralatan yang sebaiknya dipersiapkan …

Continue reading »

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/struktur-bangunan/persiapan-mengecat-dinding-rumah

Air Kotor

Bak Kontrol Limbah

Air kotor adalah air yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk untuk kebutuhan minum, masak, mandi, dan energi. Air kotor merupakan air limbah dari sisa produksi aktifitas manusia. Air dapat dikatakan kotor jika mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

Continue reading »

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/utilitas-gedung/air-kotor

Persyaratan Air Bersih

Air bersih adalah air yang memenuhi persyaratan kesehatan untuk kebutuhan minum, masak, mandi, dan energi. Air sebagai salah satu faktor esensial bagi kehidupan sangat dibutuhkan dalam kriteria sebagai air bersih. Air dikatakan bersih bila memenuhi syarat sebagai berikut :

Continue reading »

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/utilitas-gedung/persyaratan-air-bersih

Metode Pelaksanaan Pondasi Batu Kali

Rencana Galian Pondasi

Pondasi adalah struktur pada bangunan yang terletak paling bawah yang berfungsi untuk meneruskan beban dari struktur atas ke tanah. Secara garis besar pondasi ada 2 jenis yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pondasi dangkal salah satunya jenisnya adalah pondasi batu kali. Ada beberapa tahapan dalam pelaksanaan pembuatan pondasi batu kali antara lain :

Continue reading »

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/teknik-pondasi/metode-pelaksanaan-pondasi-batu-kali

Cara Pengawetan Kayu

Kayu adalah salah satu bahan bangunan yang sampai sekarang masih populer. Dalam pembuatan gedung biasanya kayu dijadikan bahan pembuat kusen, daun pintu, daun jendela, rangka atap, kuda-kuda dan lain sebagainya.

Continue reading »

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/struktur-kayu/cara-pengawetan-kayu

Older posts «