Cerita dan Tips Membuat Rumah dari Bambu

Walau kini marak sekali orang-orang yang membangun rumah mereka dengan desain rumah yang minimalis, ternyata tidak semua orang berfikiran seperti itu. Masih banyak orang-orang yang tertarik dengan sesuatu yang berbeda begitu juga untuk model atau desain rumah idamannya. Salah satu bentuk atau jenis rumah ialah rumah bambu. Membuat rumah dari bambu sama halnya saat membuat rumah dengan bahan-bahan alam lainnya, yaitu memiliki tingkat kesulitan berbeda tersendiri. Ada tips untuk membangun rumah bambu Anda agar tidak kalah kuat dengan rumah lainnya yang dibangun menggunakan batu bata ataupun beton. Dan untuk cerita dari rumah bambu sendiri, adalah tentang nilai keindahan yang dimiliki rumah bambu yang jelas berbeda dengan rumah lainnya. Nilai keindahan akan muncul lebih banyak saat melihat atau mengunjungi rumah bambu.

Inilah tips-tips yang harus diperhatikan saat Anda hendak membuat rumah dari bambu. Yang pertama mengenai jenis bambu yang akan dipakai. Sebaiknya, Anda memilih jenis kayu yang diawetkan agar tahan lama untuk menopang rumah Anda nantinya. Kedua adalah paku pasak yang digunakan. Sesuaikan ukuran paku bila hendak memaku bambu yang digunakan sebagai tembok, atap, dll dari rumah Anda. Karena penggunaan paku yang tidak cocok, akan merusak bahan bambunya sendiri nantinya. Selain paku, bambu untuk membangun rumah Anda juga harus dicat dengan warna transparan agar bambu-bambu penopang rumah Anda tetap terawat dengan baik.

Tips selanjutnya adalah susunlah bambu-bambu penopang berdirinya rumah Anda dengan serasi untuk menambah nilai keindahan dalam rumah bambu Anda. Kesan yang ditimbulkan bila Anda membangun rumah bambu tidak selalu kampungan, malahan dengan penataan furniture rumah yang baik bisa mendatangkan kesan rumah bambu yang mewah. Membuat rumah dari bambu tidak hanya soal memilih-milih mana bambu yang bagus, tetapi juga soal memilih aksesoris pendukung yang bisa membuat rumah bambu Anda indah. Karena rumah bambu memiliki kelebihan satu lagi, yaitu tahan akan goyangan gempa saat gempa melanda lingkungan rumah Anda.

One thought on “Cerita dan Tips Membuat Rumah dari Bambu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Forum untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan atau informasi seputar teknik

https://insinyur.id/