Tips Membuat Ventilasi Rumah, Apik yang Bermanfaat

Setiap rumah tentu memiliki ventilasi udara untuk mendukung pergantian udara yang sehat di dalam rumah. Jenis atau bentuk ventilasi rumah bermacam-macam. Jika jumlah ventilasi udara di dalam rumah semakin banyak, maka pergantian udara di dalam rumah Anda akan semakin mudah dan juga sehat. Tak hanya itu, ventilasi membantu suhu dalam rumah tidak terlalu panas karena dengan adanya ventilasi juga akan memberikan angin segar kedalam rumah Anda. Saat membangun rumah, usahakan juga menimbang bentuk, jenis, dan letak ventilasi dirumah Anda. Ada tips membuat ventilasi rumah yang bisa Anda simak untuk membantu membangun rumah Anda lebih sehat dan nyaman.

Tips membuat ventilasi rumah yang pertama adalah memilih ventilasi rumah berupa jendela. Jendela ini merupakan ventilasi yang cukup besar dan udara yang masuk dapat lebih leluasa bergerak masuk-keluar. Anda bisa meletakkan jendela dibagian depan rumah atau samping. Selain sebagai ventilasi udara, jendela juga pilihan ventilasi yang baik pula untuk sinar matahari. Selain jendela, Anda bisa membuat lubang-lubang kecil dibagian atas dinding dengan posisi yang dekat dengan plafon. Untuk memberikan nilai estetika, Anda bisa memilih bentuk yang unik. Seperti bentuk bunga, oval, kotak berjajar atau kotak menurun. Dengan begitu, selain bermanfaat sebagai ventilasi lubang-lubang tersebut mendukung keindahan interior rumah Anda juga.

Tips selanjutnya adalah membuat ventilasi di atas langit-langit ruangan. Yang artinya saat hujan turun, hujan akan mudah masuk melewati ventilasi yang berada di langit-langit ruangan yang Anda buat. Maka dari itu posisikan jenis ventilasi ini diatas taman rumah Anda atau diatas tanaman-tanaman hias Anda. Memilih pintu yang memiliki bentuk bukaan dibagian atas juga bisa menjadi ventilasi yang baik. Tetapi segi keamanan pun akan sangat rentan apalagi bila Anda memakai bentuk pintu ini untuk pintu utama rumah Anda. Untuk tips membuat ventilasi rumah lainnya selain memperhatikan bentuk atau jenis ventilasinya, perhatikan juga arah mata angin dan sinar matahari. Jadi, Anda bisa menempatkan ventilasi rumah tidak sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Forum untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan atau informasi seputar teknik

https://insinyur.id/