«

»

Print this Post

Dermaga

Dermaga adalah tempat kapal ditambatkan di pelabuhan sebagai tempat kegiatan bongkar muat barang dan orang dari dan ke atas kapal dan bisa juga sebagai tempat pengisian bahan bakar untuk kapal, air minum, air bersih, saluran untuk air kotor/limbah yang akan diproses lebih lanjut di pelabuhan.

Jenis-jenis dermaga antara lain :

  1. žDermaga barang umum
  2. žDermaga peti kemas
  3. žDermaga curah
  4. žDermaga khusus
  5. žDermaga Apung

Dermaga Barang Umum

Dermaga barang umum adalah dermaga yang diperuntukkan untuk bongkar muat barang umum/general cargo keatas kapal.

Dermaga Peti Kemas

Dermaga peti kemas adalah dermaga yang khusus diperuntukkan untuk bongkar muat peti kemas. Bongkar muat peti kemas biasanya menggunakan kran (crane).

Dermaga Curah

Dermaga curah adalah dermaga yang khusus digunakan untuk bongkar muat barang curah yang biasanya menggunakan ban berjalan (conveyor belt)

Dermaga Khusus

Dermaga yang khusus digunakan untuk mengangkut barang khusus, seperti bahan bakar minyak, bahan bakar gas dan lain sebagainya.

Dermaga Apung

Dermaga apung adalah tempat untuk menambatkan kapal pada suatu ponton yang mengapung di atas air.

Tipe Dermaga

  1. Dermaga quay wall
  2. Dermaga dolphin
  3. Dermaga system Jetty

Dermaga Quay Wall

Terdiri struktur yang sejajar pantai, berupa tembok yang berdiri diatas pantai, konstruksi sheet pile baja/beton atau caisson beton. Biasanya dilokasi pantai tidak landai yang sering disebut sebagai pelabuhan alam sehingga kedalaman yang diinginkan tidak terlalu jauh dari garis pantai.

Dermaga Dolphin

Tempat sandar kapal berupa dolphin diatas tiang pancang. Biasanya dilokasi dgn pantai yang landai, diperlukan jembatan trestel sampai dengan kedalaman yang dibutuhkan.

Dermaga System Jetty

Dapat berupa dermaga apung umumnya digunakan untuk kapal-kapal penumpang pada dermaga angkutan sungai/danau yang tidak membutuhkan konstruksi yang kuat untuk menahan muatan barang yang akan diangkut dengan kapal.

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/pelabuhan/dermaga

Forum Teknik Sipil dan Arsitektur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,440 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>