«

»

Print this Post

Portal Proyek Pengembangan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ada 3 tahap dalam pelaksanaan proyek antara lain :

  1. Tahap Pra Konstruksi
  2. Tahap Konstruksi
  3. Tahap Operasional

Tahap Pra Konstruksi

Dalam tahap pra konstruksi dibagi lagi menjadi beberapa bagian yaitu

1. Sosialisasi

Penyebarluasan informasi Proyek Pembangunan UIN Sunan Kalijaga kepada masyarakat sangatlah penting, mengingat proyek ini merupakan proyek besar yang dilakukan di lingkungan perkotaan.

2. Pengadaan Lahan

Terdapat 2 macam lahan yang digunakan dalam proyek, yaitu :

  • Lahan existing,di mana bangunan-bangunan lama berdiri
  • Lahan baru yang merupakan tanah kas desa,yang telah dibeli dengan diterbitkannya sertifikat hak milik atas tanah.

Konsekuensi pelaksanaan proyek di lahan lama adalah pemindahan aktivitas belajar mengajar ke gedung yang belum dirobohkan (sistem bertahap)

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

TAHAP KONSTRUKSI

1. Mobilisasi Tenaga Kerja

Kebutuhan tenaga kerja proyek dilakukan sesuai kebutuhan, meliputi dua kategori, yaitu:

  • Tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan pengalaman kerja tanpa terikat tingkat pendidikan seperti tukang batu, mandor, kuli, tukang kayu, tukang listrik, dsb.
  • Tenaga ahli yang memiliki keahlian dan pengalaman kerja dibidang manajerial dan engineering dengan tingkat pendidikan tertentu.
2. Pengoperasian Gudang Material dan Peralatan

Gudang peralatan dan material menjadi bagian penting dalam pelaksanaan proyek. Bongkar muat material dan peralatan pendukung dalam ruang penyimpanan menjadi kesibukan tersendiri dalam proses pembangunan gedung.

3. Mobilitas Alat Berat

Pembangunan yang akan dilakukan menggunakan beberapa alat berat yang vital bagi kelancaran proses kontruksi.

4. Land Clearing

Pembongkaran bangunan diperlukan dalam pelaksanaan proyek ini karena sebagian proyek dilakukan di lahan bangunan-bangunan lama. Oleh karena itu diperlukan perencanaan yang matang dengan tahap-tahap pembongkaran yang cermat untuk tetap menjaga kelangsungan dan kelancaran proses belajar mengajar.

5. Pengangkutan Bongkaran Bangunan Bekas Lama dan Material

Bongkar muat barang baik material bekas maupun baru akan memberikan dampak pada meningkatnya intensitas lalu lintas kendaraan dan menurunnya kondisi / kualitas badan jalan karena keluar masuknya kendaraan-kendaraan berat pengangkut material.

6. Pembuatan Lansekap

Perencanaan lansekap dengan luas ±80 % dari luas keseluruhan lahan, dilaksanakan bersamaan dengan proses kontruksi. Hal ini bertujuan agar ketika bangunan siap digunakan, vegetasi / tanaman yang ditanam telah tumbuh baik dan dapat menjadi sumber penghijauan (paru-paru kota).

Pembangunan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pembangunan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

TAHAP OPERASIONAL

1. Commisioning dan Operasional Gedung Baru

Commisioning merupakan langkah pengetesan atas semua sistem bangunan yang ada. Langkah ini bertujuan untuk menganalisa berfungsi tidaknya sistem tersebut, yang menjadi pedoman untuk pemeliharaan dan atau perbaikan sistem.

2. Operasional Parkir

Jumlah parking lot yang disediakan untuk mobil dan motor di lingkungan kampus kurang lebih dapat menampung kendaraan sebanyak 510 mobil, yang tersebar di 8 titik, dan 1500 motor, yang tersebar di 12 titik.

3. Pemeliharaan Lansekap

Lansekap / ruang luar gedung sangat berpengaruh terhadap kualitas udara di dalam gedung maupun lingkungan sekitar kampus. Oleh karena itu, tanaman keras maupun hias dalam lansekap perlu dipelihara dengan baik.

KESELAMATAN KERJA

Keselamatan kerja dilakukan dengan penerapan standart operation procedure secara tegas, mendaftarkan seluruh
pekerja konstruksi dalam program Jamsostek, penyediaan fasilitas penunjang keselamatan. Sebagai mandor wajib menegur keras jika ada pekerja yang tidak mematuhi peraturan K3.

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/pengelolaan-dan-pengendalian-proyek/portal-proyek-pengembangan-uin-sunan-kalijaga-yogyakarta

Forum Teknik Sipil dan Arsitektur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

6,535 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>