Tutorial Autocad 2000

Menguasai AutoCAD adalah keharusan bagi praktisi perancangan dan pelakasana sipil saat ini. Karena hampir semua desain dan gambar model menggunakan program ini. Begitu juga program analisis struktur saat ini seperti SAP 2000 dan ETABS 2000 bisa berhubungan langsung dengan AutoCAD.

AutoCAD 2000 adalah produksi terbaru dari Autodesk, dan merupakan program penggambaran tercanggih saat ini. Dengan AutoCAD maka kita dapat menggambar dengan presisi tinggi yaitu dengan ukuran yang tepat, tingkat fleksibilitas yang tinggi, dapat menggambar dengan cepat, indah dan efisien. Setelah meload program AutoCAD 2000 maka akan keluar window seperti di bawah ini.

Ada berbagai menu yang pada AutoCAD 2000, dan menu ini dapat dicustomize sesuai dengan keinginan kita. Untuk mengcustomize maka kita mengklik kanan pada tool bar menu atau pada menu pulldown. Secara lengkap menu pulldown yang ada yaitu :

  1. Menu FILE, berisi operasi untuk file, menyimpan gambar sebagai file, export gambar dan untuk percetakan gambar
  2. Menu EDIT, berisi perintah edit yang berhubungkan dengan windows bukan dengan AutoCAD secara langsung misalnya mengkopi ke clipboard, memotong gambar untuk dimasukkan ke clipboard
  3. Menu VIEW, berisi perintah untuk perintah gambar seperti pembesaran, penggeseran dan melapisi gambar dengan render.
  4. Menu INSERT, berisi perintah yang dapat menggambil gambar dari berbagai tempat, misalnya dari block, clip art, style untuk pengukuran, satuan gambar dan lain-lain.
  5. Menu TOOLS, berisi perintah untuk menjalankan tools yang seperti ejaan, mengatur sistem koordinat, mengatur menu-menu baik pulldown maupun tool bar,mengatur tampilan bidang gambar dan sebagainya.
  6. Menu DRAW, berisi perintah untuk menggambar misalnya garis, garis ganda, lingkaran, busur lingkaran, arsiran, teks, pelapis gambar dan sebagainya.
  7. Menu DIMENSION, berisi perintah untuk penunjuk ukuran dari gambar misalnya ukuran lurus, sudut diameter,  dan juga style dari ukuran bisa dirubah dalam menu ini.
  8. Menu MODIFY, berisi perintah untuk memodifikasi gambar yang sudah ada misalnya memotong, menggandakan, menggandakan, menghapus, merubah propertis gambar menjadi gambar 3 dimensi dan sebagainya.
  9. Menu WINDOW, berisi perintah untuk mengatur gambar-gambar yang di load.

Silahkan buka Tutorial Autocad 2000 selengkapnya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Forum untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan atau informasi seputar teknik

https://insinyur.id/