«

»

Print this Post

Jenis-Jenis Cacat Kayu

Kayu adalah suatu bahan konstruksi yang didapatkan dari tumbuhan alam. Kerusakan pada kayu terjadi karena tindakan-tindakan atau karena keadaan yang mengakibatkan kekuatan kayu menurun, harga kayu menurun, dan mutu dan nilai pakai kayu berkurang atau kayu sama sekali tak terpakai. Jenis-jenis kerusakan pada kayu adalah :

1. Cacat mata kayu

Mata kayu merupakan bagian cabang yang berada di dalam kayu. Mata kayu dapat dibedakan sebagai berikut :

  • Mata kayu sehat : mata kayu yang tidak busuk, berpenampang keras, tumbuh kukuh dan rapat pada kayu, berwarna sama atau lebih gelap dibandingkan dengan kayu sekitarnya.
  • Mata keyu lepas : mata kayu yang tidak tumbuh rapat pada kayu, biasanya pada proses pengerjaan, mata kayu ini akan lepas dan tidak ada gejala busuk.
  • Mata kayu busuk : mata kayu yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan dan bagian-bagian kayunya lunak atau lapuk, berlainan dengan bagian-bagian kayu sekitarnya.

Pengaruh mata kayu :

  • Mengurangi sifat kekuatan kayu.
  • Menyulitkan pengerjaan karena kerasnya penampang mata kayu (mata kayu sehat).
  • Mengurangi keindahan permukaan kayu.
  • Menyebabkan lubangnya lembaran-lembaran finir.

2. Pecah dan belah

Pada kayu bulat sering terlihat adanya serat-serta yang terpisah memanjang, berdasarkan ketentuan pengujian kayu, maka :

  • Jika lebar terpisahnya serat ≤ 2 mm, dinamakan retak.
  • Lebar terpisahnya serat ≤ 6 mm, dinamakan pecah
  • Lebar terpisahnya serat ≥ 6 mm, dinamakan belah

Pengaruh cacat pecah atau belah :

  • Mengurangi kekuatan tarik pada kayu.
  • Mengurang keteguhan kompresi, distrubsi beban jadi tidak merata.
  • Kekuatan geser berkurang, akibat luasan daerah yang menahan beban berkurang.

3. Pecah busur dan pecah gelang

Pecah busur adalah pecah yang mengikuti arah lingkaran tumbuh, bentuknya kurang dari setengah lingkaran. Sedangkan pecah gelang adalah kelanjutan dari pecah busur yang kedua ujungnya bertemu membentuk lingkaran penuh atau lebih dari setengah lingkaran. Penyebab terjadinya cacat pecah busur atau peah gelang adalah :

  • Ketidakseimbangan dalam penyusutan pada waktu kayu mengering.
  • Tegangan di dalam kayu yang terlepas secara tiba-tiba pada saat penebangan. Pengaruh cacat jenis ini sama dengan halnya pengaruh cacat belah dan pecah.

4. Hati rapuh

Hati adalah pusat lingkaran tumbuh kayu bulat. Bagian kayu yang rapuh ummnya menunjukkan tanda-tanda berkurangnya kekerasan dan kepadatan namun hati rapuh yang dimaksud tidak menunjukkan tanda-tanda pembusukan yang nyata. Cacat hati rapuh mengurangi kekuatan terhadap kayu.

5. Arah serat

Beberapa jenis kayu seperti lara, kesambi, memiliki serat yang berpadu sehingga kayu sulit dikerjakan (misalnya pada proses ketam) dan hal ini dianggap merugikan, namun mempunyai keteguhan belah yang tinggi. Jenis kayu ini mempunyai serat yang melintang artinya tidak sejajar dengan sumbu batang dan jenis serat semacam ini akan mengurangi kekuatan kayu.

6. Cacat akibat jamur penyerang kayu

Serangan jamur akan mengakibatkan timbulnya kerapuhan kayu yang nyata, cenderung kayu akan mengalami patah secara mendadak jika diberi beban dengan perubahan bentuk sedikit serta patahan halus tidak berserpih. Untuk jamur penyebab noda kayu, secara umum sedikit sekali pengaruhnya terhadap kekauatan kayu dan biasanya tidak menurunkan kekuatan yang besar, pengaruh terbesar adalah mengurangi keindahan, akibat timbulnya warna-warna yang kotor (noda-noda).

7. Cacat akibat Serangga perusak kayu

Jenis serangga perusak kayu, diantaranya : rayap, kumbang kayu, dan bubuk kayu. Kayu merupakan makanan dan tempat tinggal serangga tersebut, sehingga jelas bahwa serangga-serangga tersebut akan membuat lubang-lubang terowongan di dalam kayu yang mengakibatkan kekuatan kayu akan berkurang.

8. Lubang gerek dan lubang cacing laut

Lubang gerek ialah lubang-lubang pada kayu yang disebabkan oleh serangga penggerek, atau cacing-cacing laut. Lubang cacing laut ialah lubang-lubang pada kayu yang disebabkan oleh cacing-cacing laut. Umumnya penggerekan tersebut menyerang kayu yang baru ditebang.

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/struktur-kayu/jenis-jenis-cacat-kayu

Forum Teknik Sipil dan Arsitektur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

7,004 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>