«

»

Print this Post

Konstruksi Turap Baja

Terdapat berbagai type sheetpile (Turap Baja) yang dapat dipilih sesuai dengan keunggulan masing-masing tipe dan kondisi lokasi :

1. Tipe Kantilever

adalah struktur sheetpile tanpa sistem angker dan sistem penyangga lain, sehingga kekuatan bahan harus mampu menahan gaya luar yang bekerja pada struktur.

Sistem ini sesuai untuk dinding penahan dengan beban ringan dan bila adanya pergeseran struktur tidak mempengaruhi kerusakan struktur lain. Sistem pengangkutan dan pemasangan struktur relatif mudah.

2. Tipe Struktur dengan Angker

Tipe angker yang dipasang pada struktur angker dikelompokan dalam 4 jenis yaitu :

  • Tipe tie rod
  • Tipe angker dari tiang pancang miring
  • Tipe angker lantai (platform)
  • Tipe multi-strut (banyak ikatan)

Tipe tie rod paling banyak digunakan dan umumnya dipasang dengan kombinasi adanya dinding angker. Namun system tie rod ini dapat dipasang sendirian ataupun dalam jumlah lebih dari satu, dan tanpa adanya deadman angker.

Tipe angker dari tiang pancang miring ini dapat dipilih bila pemasangan angker tie rod  tidak memungkinkan, dan biasanya tiang pancang dipasang miring dengan sudut tertentu terhadap kepala sheet pile dan selanjutnya diikat erat agar dinding sheetpile menjadi stabil.

Tipe ini dapat dipilih bila memenuhi ciri sebagai berikut :

  • Ruang atau jarak dibelakang dinding untuk pemasangan tie rod sangat terbatas
  • Sangat cocok untuk dipakai untuk didinding didaerah reklamasi ataupun sebagai breakwater dinding tegak, karena punya stabilitas tinggi.
  • Memungkinkan pekerjaan pelaksanaan dilakukan saat gelombang tinggi.
  • Waktu pelaksanaan pekerjaan dan biaya konstruksi dapat dihemat karena pekerjaan hanya berupa pemancangan baik untuk sheetpile maupun tiang pancang miringnya.
  • Kombinasi tiang pancang miring dengan sheetpile sangat efektif dalam menahan gaya tekan tanah.
  • Tiang pancang miring umumnya dipancang lebih dalam dari pada sheetpile karena gaya lateral luar harus mampu ditahan oleh kemampuan tarik dari tiang pancang miring.

Tipe angker lantai atau tipe platform merupakan tipe struktur angker yang berbentuk seperti lantai yang mengikat tiang pancang. Gaya lateral atau gaya horizontal yang terjadi akan ditahan oleh tekanan tanah pasif pada bagian sheetpile yang terbenam, dan gaya tahan dari lantai dan tiang pancang dibawahnya.

Ciri-ciri tipe platform yang dapat digunakan dalam pertimbangan pemilihannya :

  • Sangat cocok bila diatas struktur akan dibebani crane atau gantry crane, karena pondasi untuk crane dapat sekaligus bekerja sebagai angker.
  • Tipe ini membutuhkan waktu pelaksanaan lebih lama dan biaya lebih mahal disbanding sistem sheetpile tie rod.
  • Dalam menghitung gaya lateral akibat gempa, harus diperhatikan gaya inersia yang bekerja pasa sistem lainnya.

Tipe multi strut berupa dinding sheetpile yang disokong oleh beberapa strut (balok penghubung dua dinding), dan umumnya digunakan sebagai penyangga yang bersifat sementara untuk galian. Strut dapat berupa balok kayu atau balok baja profil wide flange, dan selama pelaksanaan harus dilakukan secara hati-hati karena banyaknya faktor yang tidak diketahui.

3. Tipe Struktur Seluler (cellular)

Bentuk cellular diperoleh dengan membuat bentuk lingkaran dari sheetpile datar lalu dipancang dan didalamnya diisi dengan material.

4. Tipe Struktur Dinding Sheetpile Ganda (double sheetpile wall)

Berbentuk 2 dinding yang dibangun paralel satu terhadap yang lain dihubungkan oleh tie rods atau menggunakan balok, dan ruangan yang terbentuk dinding penuh. Gaya luar yang terjadi harus mampu ditahan oleh tanah pasif dari sheetpile yang terbenam, dan juga ditahan oleh gaya geser dari material pengisi dan kemampuan menahan bengkokan dari bahan sheetpile.

Struktur ini biasa digunakan pada dinding konstruksi dari cofferdam, pengarah struktur tanggul, breakwater, dan konstruksi yang berhadapan langsung dengan laut, atau pada lokasi-lokasi yang tidak memungkinkan dipasang tie rods disebabkan keterbatasan ruangan atau lahan.

Tipe strktur dengan angker adalah salah satu tipe yang paling banyak digunakan untuk struktur dermaga dan bangunan penahan tanah di tepi laut atau sungai.

Secara umum prosedur perencanaan struktur sheetpile yang harus ditempuh agar perencanaan teratur dan mencakup seluruh bagian struktur sebagai adaptasi dari “technical standard for port and harbor facilities in japan” adalah sebagai berikut :

  1. Penentuan persyaratan perencanaan
  2. Perencanaan posisi elevasi tie rod
  3. Perhitungan gaya luar
  4. Perhitungan gaya reaksi dan momen yang bekerja pada sheetpile dan panjang pembenaman
  5. Check terhadap sliding
  6. Penentuan ukuran penampang sheetpile
  7. Penentuan ukuran tie rods
  8. Perencanaan struktur wale
  9. Perencanaan struktru angker (anchorage)
  10. Perencanaan detil struktur

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/teknik-pondasi/konstruksi-turap-baja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

10,654 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>