Air Kotor

Air kotor adalah air yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk untuk kebutuhan minum, masak, mandi, dan energi. Air kotor merupakan air limbah dari sisa produksi aktifitas manusia. Air dapat dikatakan kotor jika mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Secara fisik: berbau, warnanya keruh, berasa jika diminum.
  2. Secara kimia: memiliki kadar pH tinggi, memiliki kandungan mineral yang tinggi/miskin kandungan mineral.
  3. Secara mikrobiologi: terkontaminasi bakteri pantogen.

Sistem Penyaluran Air Limbah

Air limbah dari WC, kamar mandi dan dapur disalurkan melalui pipa yang dihubungkan dengan jaringan pipa air limbah menuju IPAL.

Penggalian dan pemasangan pipa air limbah menggunakan metode yang sudah memperhitungkan segala aspek yang berhubungan dengan keamanan dan ketidaknyamanan, sehingga gangguan yang mungkin ditimbulkan selama pelaksanaan pemasangan pipa dapat ditekan seminimal mungkin.

Beberapa metode yang diterapkan dalam konstruksi pemasangan pipa air limbah yaitu:

  • Sistem galian terbuka tanpa turap penahan.
  • Sistem galian terbuka dengan turap kayu/baja/sheeting plate.
  • Sistem “Jacking“, yang digunakan untuk perlintasan sungai, jalan yang padat lalu lintasnya dan galian yang dalam.

Pada pelaksanaan konstruksi diterapkan metode Clean Construction yaitu tanah bekas galian langsung dimuat ke dalam truck diangkut menuju stock yard (tempat penampungan).

Dry Installation Submersible Wastewater Pump

Wastewater pump atau pompa air kotor, atau yang biasa disebut pompa sump pit. Pompa wastewater biasanya dibagi-bagi menurut liquid yang akan dipompakan, dan umumnya yang membedakan pompa-pompa tersebut adalah impellernya.

Pompa wastewater paling umum yang dipergunakan adalah pompa untuk kolam ikan atau air mancur, biasanya pompa yang dipakai adalah pompa waste water yang kecil, bahkan karena pada umumnya pompa ini digunakan untuk kolam ikan, pompa ini lebih sering dinamakan pompa kolam ikan (padahal fungsi aslinya untuk penguras)

Ada juga pompa waste water yang kapasitasnya besar, pompa ini biasa dipakai untuk pompa banjir, lalu ada juga pompa wastewater yang menggunakan grinder, pompa wastewater jenis ini digunakan untuk liquid yang mengandung partikel-partikel lebih besar, sehingga perlu dihancurkan lebih dulu oleh cutter/grinder yang ada di pompa, sehingga kotorannya bisa dipompakan bersama dengan liquidnya.

Pompa wastewater biasanya memiliki kapasitas besar tetapi headnya kecil, karena biasanya pompa ini dioperasikan dengan mengerjar kapasitas bukan head.

Bak Kontrol Limbah
Bak Kontrol Limbah
Pump Sump Pit
Pump Sump Pit
Septic Tank
Septic Tank

Forum untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan atau informasi seputar teknik

https://insinyur.id/