«

»

Print this Post

Penangkal Petir

Petir merupakan gejala listrik. Bila terjadi proses kondensi di angkasa dan udara naik ke atas pada kecepatan angin tertentu akan melahirkan titik-titik air yang bergesekan dan menimbulkan muatan listrik.
Kumulasi muatan listrik yang besar akan melahirkan medan listrik baik bagi kumulasi electron maupun kumulasi proton.
Bumi memiliki jumlah besar electron maupun proton dan terjadilah medan listrik yang saling tarik menarik untuk mencapai keseimbangan.

Petir pada dasarnya merupakan loncatan listrik dari awan yang bermuatan ke bumi, dan benda-benda yang berada dipermukaan bumi berfungsi sebagai penghantar muatan listrik ke tanah. Namun, kilat atau sambaran petir bisa terjadi antara awan dengan awan atau awan dengan bumi.

Sambaran petir mempunyai kemampuan merusak yang sangat berat dan merugikan bagi obyek-obyek dibumi, diantaranya adalah :

  1. Merusak secara mekanik berupa hancurnya bangunan-bangunan tinggi maupun bangunan-bangunan rendah
  2. Meledakkan, membakar dan memanaskan pada pada tangki minyak atau gas maupun bahan peledak serta kebakaran hutan
  3. Menyebabkan tegangan induksi pada obyek sekitar karena memancarkan medan listrik dan medan magnet yang dapat merusak perangkat elektronik baik di luar maupun di dalam gedung.
  4. Kematian atau cedera manusia atau makhluk hidup secara mengerikan.

Berikut ini adalah akibat dari sambaran petir :

  1. Akibat elektrikal : terjadinya arus listrik berkekuatan tinggi dapat mencapai ribuan ampere
  2. Akibat Thermal : terjadinya panas sehingga dapat membakar benda-bendayang terkena petir (pohon hangus)
  3. Akibat Mekanikal : Terjadinya pergeseran atau pergerakan benda-benda yang dilalui arus listrik akibat getaran, ledakan atau pemuaian.

Berikut ini adalah derah sambaran petir :

  1. Daerah yang basah dan berair (air adalah penghantar listrik yang baik)
  2. Daerah yang terbuka
  3. Pohon yang tinggi
  4. Bangunan tingi maupun rendah
  5. Tiang listrik (tegangan tinggi, menengah atau rendah)
  6.  Gardu-gardu distribusi listrik

Untuk mencegah akibat dari samabaran petir, berikut ini adalah sistem penangkal petir :

  1. Sistem Franklin (system konvensional)
    Sebuah batang yang runcing dari bahan cooper spit yang dipasang pada paling atas bangunan, dan dihubungkan dengan batang tembaga menuju elektroda tanah (mencapai permukaan air). Daerah yang dilindungi sari sambaran petir berbentuk segitiga kerucut dengan ujung penyalur petir pada puncaknya. Disistem ini hanya menggunakan sebuah spit pengangkal petir yang dipasang pada tempat tertinggi.
  2. Sistem Faraday (sangkar faraday)
    Pada prinsipnya seperti franklin tetapi dibuat memanjang atau berbentuk sangkar sehingga jangkauan lebih luas. Sistem ini dipakai pada bangunan yang punya atap yang luas. Dalam satu bangunan menggunakan lebih dari 4 spit sebagai penangkal petir.
  3. Sistem Radio Aktif
    Sistem ini cocok untuk bangunan tinggi. Satu bangunan cukup menggunakan sebuah penangkal petir. Alatnya disebut Preventor, yang bekerja berdasarkan reaksi netralisasi ion dengan menggunakan bahan radio aktif. Keseluruhan kebocoran pada alat ini dapat mengakibatkan radiasi. Oleh karena itu, alat ini dilararang. Sebagai gantinya ada system penangkal petir model Energi Froide (electrostatic field) atau yang terkenal dengan EF. EF Lightning Protection System merupakan system penangkal petir modern. Ada 3 prinsip yang sangat penting dimiliki oleh EF :

    1. Penyaluran arus petir yang sangat kedap atau tertutup terhadap obyek sekitar dengan menggunakan terminal penerima dan kabel penghantar khusus yang memiliki sifat isolasi tegangan tinggi. Menciptakan electron bebas awal yang besar sebagai streamer emission pada bagian puncak dari system terminal.
    2. Penggabungan EF Terminal dengan EF Carier yang memiliki isolasi tegangan tinggi memberikan jaminan keamanan terhadap obyek yang dilindungi. Sistem penangkal petir ini terbagi dalam 2 yaitu EF Terminal yang diletakkan dipuncak bangunan sebagai penangkal petir dan EF Carier (kabel penghantar ) yang masuk kedalam tanah.

Permanent link to this article: http://www.ilmutekniksipil.com/utilitas-gedung/penangkal-petir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

10,638 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>