Cara Memilih Harga Rumah Murah di Perkotaan Besar Terbaru 2019

1 min read

Cara Memilih Harga Rumah Murah di Perkotaan Besar Terbaru 2019 SUDAH

Untuk Anda nih yang tinggal di perkotaan besar sudah pasti tahu betul, bahwa harga rumah di kota besar terkenal cukup mahal sekali. Apalagi kota termasuk yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang terbilang tinggi. Oleh sebab itu tidak heran di perkotaan sangat sulit sekali mencari rumah yang dijual dengan harga terjangkau, alias murah. Bahkan beberapa rumah yang dijual dengan harga mahal tersebut belum tentu bisa dijamin sesuai harapan dan kebutuhan Anda.

Makanya, melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda tentang cara memilih harga rumah murah di perkotaan besar terbaru 2019. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Cara Memilih Harga Rumah Murah di Perkotaan Besar Terbaru 2019

Cara Memilih Harga Rumah Murah di Perkotaan Besar Terbaru 2019

Ketahui lokasi dan berbagai kondisi rumah

Cara pertama memilih harga rumah murah di Jakarta, Malang, Surabaya, atau pun daerah perkotaan lainnya adalah dengan mengetahui lokasi dan berbagai kondisi rumah tersebut. Sebab memang harga rumah biasanya tergantung dari lokasi, serta keadaan yang ada di sekitarnya. Silakan Anda pilih lokasi rumah yang strategis, terhindar dari kemacetan jalanan, dan paling dekat dengan tempat Anda kerja. Tidak hanya itu saja, keamanan juga memiliki peranan yang cukup penting sekali untuk diperhatikan.

Memastikan developer aman juga terpercaya

Pada saat Anda mencari hunian tinggal di perumahan pastikan Anda membeli di developer yang aman dan terpercaya, karena ada banyak sekali pihak yang sering terkena penipuan oleh pihak ketiga tanpa developer. Selain hal tersebut pastikan developernya memiliki reputasi yang bagus dan dapat memenuhi tanggung jawab secara tepat.

Mengikuti program KPR (Kredit Pembelian Rumah)

Rumah dijual murah ini juga bisa Anda dapatkan lewat program KPR atau Kredit Pembelian Rumah. Ini pastinya akan membantu meringankan beban pembayaran, tidak hanya bisa dilakukan secara kredit, KPR ternyata juga punya skema pembayaran sebesar 90 persen dari harga rumah yang ditawarkan. Biasanya developer perumahan akan menjalin kerjasama dengan pihak bank sehingga akan lebih baik lagi bila Anda pakai jasa KPR dari bank yang bekerjasama dengan developer.

Memilih pembayaran secara tunai

KPR bahkan bisa digunakan apabila kondisi anggaran untuk beli rumah baru secara tunai ternyata tidak mencukupi. Tetapi lebih baik Anda punya tabungan untuk kumpulkan anggaran khusus membeli rumah dengan cara tunai. Alasannya, karena hal ini ternyata jauh lebih menguntungkan sekali jika dibandingkan dengan program kredit, sebab Anda tak perlu merasa takut atau pun khawatir rumah tersebut akan dengan mudah dipindahtangankan.

Memastikan sertifikat diselesaikan dan dialihkan kepemilikan

Baik itu dilakukan secara kredit atau tunai, janga dulu melunasi pembayaran rumah yang Anda beli sebelum memastikan terlebih dulu bahwasannya sertifikat sudah dipindahalihkan kepemilikannya atas nama Anda. Apabila Anda beli rumah lewat program KPR, lebih baik jangan bayar DP terlebih dulu sebelum akhirnya pengajuan ke developer disetujui. Tetapi demikian, jika Anda membelinya secara tunai, maka Anda harus menunggu sertifikat resmi terlebih dulu lalu melunasi pembayarannya.

Segera urus AJB dan SHM

Apabila cara memilih harga rumah murah terbaru di atas sudah Anda lakukan, maka selanjutnya adalah mengurus AJB dan SHM sebelum akhirnya Anda menempati rumah tersebut dan menyerahkan pembayaran lunas secara tunai kepada developer. Ya, penting sekali untuk mengurus berbagai berkas – berkas penting, seperti akta jual tanah sebagai bukti bahwa Anda sudah memiliki hak penuh secara sah atas kepemilikan rumah tersebut. Jika sudah, developer akan memberikan sertifikat hak guna bangunan atau SHGB agar Anda bisa memiliki SHM atas rumah yang akan jadi milik Anda tersebut. Nah, itulah tadi beberapa informasi penting yang bisa kami bagikan seputar cara memilih harga rumah murah di perkotaan besar terbaru 2019. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *