Ini Dia Tips Menata Taman Minimalis yang Super Mudah dan Praktis

2 min read

image0023

image001

Menata taman minimalis merupakan sebuah kegiatan yang cukup mengasyikan, terlebih lagi untuk kalangan orang yang gemar berkebun. Karena kegiatan ini pasti akan jadi kegiatan rutin yang dapat menyalurkan hobi mereka. Dalam menata taman sendiri ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti menambahkan elemen keras, lembut, atau pun menambahkan ornamen khusus sebagai pemanis taman.

Tapi, Anda juga harus ingat. Inti dari menata taman sendiri ialah menata kondisi dan keadaan tanaman yang ada dalam taman. Kendati menghias dan menambahkan elemen taman juga merupakan kegiatan wajib, namun kegiatan yang rutin sendiri ialah menata dan mengatur tanaman.

Ya, hal terpenting dalam menata taman minimalis sendiri ialah menata tanaman dalam taman itu sendiri. Dalam kegiatan ini, Anda juga harus dituntut untuk memilih tanaman yang ideal, dan meletakannya pada tempat yang ideal juga.

Kendati terlihat sederhana, jika tidak tahu cara dan aturannya, kegiatan ini pastilah akan merepotkan dan memusingkan orang-orang yang belum terbiasa melakukannya. Tapi, jika Anda belum biasa untuk hal ini, ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan dalam menata taman. Lalu, seperti apa tips dan trik yang dimaksud?

Ini Dia Tips Menata Taman Minimalis yang Mudah dan Bisa Dilakukan Oleh Semua Kalangan

Nah, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dimaksud:

1. Penempatan tanaman

image002

Saat menata tanaman, hindari jarak yang terlalu dekat dan berdempetan. Selain mengganggu pertumbuhan tanaman, hal ini pun akan merusak tampilan taman. Untuk itu, jauhkan tanaman-tanaman tersebut dengan jarak yang ideal.

Jarak yang ideal sendiri ditentukan dari besar kecilnya tanaman. Semakin besar tanaman, maka semakin besar pula jarak ideal antar tanaman. Begitu pun sebaliknya. Semakin kecil tanamannya, maka semakin kecil pula jarak antar tanaman.

Contohnya, tanaman dengan tinggi 1 meter. Idealnya, jarak antar tanaman dengan tinggi serupa ialah 2 – 2,5 meter. Dengan jarak tersebut, tampilan tanaman akan lebih hidup. Dan pertumbuhan tanaman pun tidak akan terganggu.

Lalu, bagaimana cara menata tanaman kecil dalam taman minimalis? Jika tanaman yang Anda miliki kecil, atau tidak bawah 1 meter, Anda bisa sesuaikan jarak dengan bentuk dan ukuran dari tanaman. Jika Anda bingung, Anda bisa gunakan perkalian dari ukuran tanaman untuk menentukan jarak antar tanaman.

Begini contohnya. Jika Anda memiliki tanaman dengan ukuran 30 cm, maka jarak ideal antara tanaman adalah 60 cm. Angka 60 cm sendiri diambil dari ukuran tanaman yang dikalikan 2. Pengalian tersebut juga  bisa dilakukan untuk semua tanaman, terkecuali untuk tanaman dengan ukuran di atas 1 meter.

2. Gunakan desain garis lurus untuk menata tanaman

image003

Cara menata taman minimalis ini akan membuat tampilan tanaman lebih rapih dan cantik. Dengan begini, maka tampilan taman pun akan jadi lebih segar dan sesuai dengan keinginan. Anda bisa menerapkan cara ini pada semua jenis tanaman.

Baik itu tanaman itu ditanam di tanah atau pun di pot. Yang jelas, penggunaan desain garis ini akan membuat tampilan taman lebih keren dan cantik. Di samping itu, cara ini pun akan mempermudah Anda untuk merawatnya, karena hanya menggunakan desain satu garis.

3. Lakukan pengelompokan tanaman

image004

Jika Anda memiliki berbagai jenis tanaman, maka pecah jadi berbagai kelompok. Tapi ingat, tiap satu kelompok mewakili satu karakter tanaman. Begini contohnya. Untuk memulai tips menata tanaman dalam taman minimalis ini ialah dengan memisahkan antara tamanan hias biasa  dengan bunga.

Setelah dipisahkan, buatlah sub kelompok. Untuk membuat sub kelompok, pilihlah tanaman dengan jenis yang sama, seperti pakis dengan pakis, anggrek dengan anggrek, dan begitu pun untuk jenis yang lain.  Setelah membuat sub kelompok, barulah Anda bisa rangkai sub kelompok tersebut jadi hiasan taman yang Anda inginkan.

Tujuan dari tips ini sendiri ialah untuk memudahkan Anda dalam merangkai tanaman per jenis. Umumnya, tips ini cocok digunakan untuk Anda yang menggunakan meja hias atau pun tempat pot khusus yang ditempatkan di taman  belakang rumah.

Nah, itulah tadi tips menata taman minimalis yang  super mudah dan praktis. Semoga dengan menyimak tips di atas, referensi Anda dalam hal menata taman semakin banyak, sehingga memudahkan Anda untuk menata taman impian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *