Kekurangan dan Kelebihan Atap Rumah Baja Ringan

Posted on

Atap rumah baja ringan adalah salah satu terobosan terbaru dalam properti pada saat ini, dimana orang-orang pada sekarang ini lebih memilih baja ringan dibandingkan dengan memakai kayu, karena menggunakan kayu lebih mahal dari pada baja ringan, tapi sebenarnya hanya di pulau-pulau tertentu, mungkin akan berbeda pendapatnya bagi orang-orang yang ada di Papua sana. Sebenarnya kalau dilihat dari tahan lama dan kuatnya, tentu baja ringan yang memiliki keduanya, tapi pasti ada kelebihan dan kekurangan pada baja ringan ini tidak mungkin tidak, walaupun kelihatannya kokoh dan tahan lama tapi masih memiliki kekurangannya.

Link Banner

Kelebihan yang ada pada baja ringan ini yaitu memberikan bobot yang lebih ringan daripada kayu, dimana bobot itu mengurangi beban dari pondasi dan tembok rumah tersebut, selain dari keringanan yang menguntungkan, ada juga kekuatan tentang baja ringan ini yang tahan terhadap rayap, karat, cuaca dan kelembaban. Selain itu ada juga cara pemasangan atap rumah baja ringanyang relatif cepat dari pada pemasangan kayu dan baja konvensional dan lain-lainnya, selain itu baja ringan ini tahan api karena mempunyai kelebihan untuk melindungi terjadi perambatan api ketempat-tempat lainnya jadi aman dan baja ringan ini  tidak memiliki nilai muai susut yang tidak seperti kayu dan bukan hanya itu saja, baja ringan ini lebih murah baik dalam pembelian maupun perawatan karena tahan lama.

Selain dari kelebihan yang kita bahas, ada juga kekurangan yang dimiliki oleh baja ringan ini, yaitu kurang menariknya kerangka baja ringan ini bila diperlihatkan. Baja ringan ini dipasang secara rapat, tersusun dan saling berkaitan, oleh karena itu dalam penyusunan atau pemasangan baja ringan ini harus benar-benar diperhitungkan, karena bila ada salah satu baja ringan yang tidak terhubung maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan baja ringan ini tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk sedemikian rupa, selain itu harus mempunyai keahlian khusus dalam perhitungan baja ringan ini, jadi tidak sembarang orang bisa untuk memasangnya. Berikut adalah atap rumah baja ringan berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *