Kenyamanan Anda Bergantung Kepada Sistem Utilitas Bangunan Gedung

Sebuah proyek akan berhasil jika ada perencanaan atau perancangan sebelumnya. Hal tersebut bisa kita ketahui dengan mempelajari ilmu teknik sipil. Teknik sipil sendiri adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang sebuah perancangan, pengelolaan, manufaktur, konservasi dari berbagai fasilitas, dan sistem untuk mendukung sebuah kota ataupun desa. Ada banyak sekali hal-hal yang dibahas dalam ilmu teknik sipil ini. Salah satu diantaranya adalah mengenai sistem utilitas bangunan gedung.

Kelengkapan fasilitas bangunan merupakan penunjang tercapainya kenyamanan. Sebenarnya, ada empat hal yang harus diperhatikan dalam utilitas gedung. Diantaranya sistem proteksi kebakaran, sistem plumbing, sistem pengkondisian udara, dan sistem transportasi.

Macam-macam Sistem Utilitas Bangunan Gedung

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat bangunan sebuah gedung terasa nyaman. Salah satunya dengan memperhatikan utilitas bangunan.

Berikut macam-macam utilitas bangunan, plumbing dan metode instalasinya, penangkal petir, sistem transportasi dalam gedung bertingkat, klasifikasi sistem pembuangan air kotor, sistem plumbing, dan lain sebagainya.

Sistem utilitas bangunan gedung yang sangat perlu diketahui seorang kontraktor adalah mengenai plumbing dan sistem instalasinya. Plumbing sendiri adalah sebuah metode mengenai pemipaan air suatu bangunan. Baik mulai dari air bersih yang akan masuk maupun keluar.

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita membutuhkan air untuk menunjang keberlangsungan hidup. Air tersebut harus kita kelola dengan sebaik mungkin. Perlu kita sadari bahwa tak sedikit dari kita yang menyepelekan pembuangan air kotor yang sebenarnya dapat mengganggu kenyamanan hidup.

Pembuangan air kotor sendiri mempunyai klasifikasi sebagai berikut. Klasifikasi berdasarkan jenis air buangan dan klasifikasi berdasarkan cara pengaliran. Saat ini banyak kita temui, bangunan tinggi nan besar yang hampir memenuhi permukaan bumi.

Untuk mempermudah Anda berlalu lintas di dalam bangunan tersebut, perlu sekali adanya sistem transportasi dalam gedung bertingkat, seperti alat transportasi vertikal berupa elevator, horizontal berupa konveyor, dan miring berupa escalator.

BACA JUGA: Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dengan Peranan Pentingnya

Sistem utilitas bangunan gedung satu ini juga tak kalah pentingnya, apalagi di saat musim hujan. Untuk mencegah sengatan petir di sebuah gedung, perlu adanya pemasangan penangkal petir. Karena, jika tidak ada, akan memberikan berbagai dampak. Diantaranya akibat elektrikal berupa meningkatnya tegangan listrik.

Lalu akibat thermal yaitu naiknya suhu yang mengakibatkan terbakarnya benda-benda yang tersambar petir. Sedangkan akibat mekanikal terjadinya getaran yang mengakibatkan ledakan. Ada banyak sistem penangkal petir yang bisa Anda gunakan, diantaranya sistem franklin, sistem faraday, dan radioaktif.

Tak boleh tertinggal juga mengenai proteksi kebakaran. Setiap bangunan gedung harus mampu mendeteksi jika terjadi adanya kebakaran. Ada tiga komponen yang mengakibatkan kebakaran yaitu bahan yang terbakar, udara, dan panas.

Tujuan Utilitas Bangunan

Tujuan dari utilitas bangunan sendiri yaitu memperlengkap suasana dan warna rumah ataupun bangunan agar lebih indah jika dipAndang, nyaman saat ditempati, dan menambah manfaat dari rumah ataupun bangunan tersebut.

Hal tersebut mempunyai arti, agar orang-orang yang ada di dalam gedung tersebut bisa melakukan kegiatan bagaimana semestinya.

Bagi Anda para pemilik jasa penginapan dan sejenisnya, silahkan menciptakan utilitas bangunan yang unik dan menarik. Agar para peminat jasa Anda menjadi nyaman, aman, puas, dan selalu berlangganan dengan jasa yang Anda tawarkan.

BACA JUGA: Jenis-Jenis Konstruksi Jembatan dengan Masing-Masing Kriteria

Bagi Anda para kontraktor, silahkan merancang semua alat dan bahan yang akan digunakan untuk membangun gedung ataupun bangunan dengan kualitas barang yang terbaik serta dengan harga yang terjangkau. Hal ini agar sistem utilitas bangunan gedung yang Anda hasilkan benar-benar memuaskan, baik diri Anda sendiri maupun orang lain.

Leave a Comment