Tahapan Perancangan Sketsa Rumah Minimalis

1 min read

3 4

Pada saat membuat sketsa rumah minimalis tentu anda harus mengetahui konsep dasar pembuatan rumah. Berhubung rumah minimalis yang identik dengan lahan cukup terbatas, sebaiknya perhatikan pula luas ruangan untuk penempatan tata letaknya. Jangan sampai mendekorasi interior ruang menjadi berantakan sehingga terkesan kurang bagus.

Perlu diketahui proses pembuatan rencana dan sketsa rumah minimalis harus dimulai dari tahap awal hingga selesai. Dengan begitu akan mendapatkan proses dan hasil yang maksimal, misal dalam bentuk gambar kerja, rencana kerja dan rencana anggaran pembangunan rumah. Nah, berikut ini tahapan perancangan sketsa rumah yang minimalis.

Tahapan Perancangan Sketsa Rumah Minimalis

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam mendesain rancangan sketsa rumah minimalis adalah dengan mempelajari data-data tanah, misalnya model dan ukuran lahan. Maka dari itu, anda mesti melakukan visualisasi dalam bentuk gambar atau peta maupun sketsa. Jika dirasa ukuran tanah telah ditetapkan, barulah mendesain rincian atau banyaknya ruang yang dibutuhkan untuk membuat skema.

Sebetulnya dalam menentukan jumlah ruang anda harus mengacu pada luas bangunan yang ada. Karena itulah, pembuatan desain rumah konsep minimalis dimulai dari tahap yang paling mudah hingga ke tahap yang paling sulit. Bukan hanya itu, secara manual pada bagian tahap akan diselesaikan dengan lebih cepat menggunakan aplikasi arsitektur melalui alat komputer bahkan smartphone.

Ketika memasuki tahap penyelesaia desain, selanjutnya adalah menerapkan alokasi anggaran rumah yang akan dibangun. Anda harus membagi ke beberapa hal, yakni rincian kerja dan anggaran, serta bahan bangunan yang sekiranya dibutuhkan. Biasanya rincian anggaran didasarkan pada rencana anggaran yang telah tersedia. Di samping itu, anda mesti selain memperhitungkan alokasi dana dan bukan hanya pengadaan bahan saja, melainkan mencakup seluruh kebutuhan lainnya.

Rumah minimalis adalah rumah dengan lahan yang minim dan sempit. Dengan begitu membuat sketsa rumah minimalis dipengaruhi oleh kondisi bangunan rumah tersebut. Bukan hanya mempengaruhi pembuatan sketsa eksterior saja, melainkan pengadaan sketsa eksterior.Maka dari itu, semuanya mesti dipertimbangkan betul agar bisa menghadirkan rumah dengan konsep minimalis yang lebih fungsional.

Itulah Tahapan Perancangan Sketsa Rumah Minimalis, semoga bisa menginspirasi anda semua dalam membangun sebuah bangunan rumah. Pastikan anda mengerti perencanaan dana dalam pembelian bahan bangunan agar terdefinisi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *