Tips dan Cara Melakukan Kombinasi Warna Cat Rumah yang Gelap

1 min read

image0036

image001

Beberapa orang mungkin menghindari penggunaan warna cat rumah yang gelap. Alasannya, warna ini akan membuat rumah tampak seram, kusam, dan tidak bersahabat. Tapi hal ini tidak akan terjadi jika kombinasi warna yang digunakan adalah kombinasi yang tepat dan ideal.

Ya, beberapa desainer ruangan memang sering menggunakan warna gelap seperti htam, abu-abu gelap, biru laut, dan merah marun sebagai alternatif baru. Menurut mereka, penggunaan warna gelap pada rumah justru membuat tampilan rumah jadi lebih indah dan elegan. Asalkan kombinasinya tepat, penggunaan warna gelap pun sah-sah saja untuk dilakukan.

Nah, untuk membantu Anda dalam hal mendekor rumah dengan warna gelap, di bawah ini ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk membantu Anda memilih kombinasi warna gelap yang  pas dan ideal. Lalu, seperti apakah tips dan trik yang dimaksud? Yuk simak materinya di bawah ini.

Tips Mengombinasikan Warna Gelap Sebagai Warna Cat Rumah yang Keren dan Elegan

image003

 

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk mengombinasikan warna cat untuk tampilan rumah yang elegan:

1. Perhatikan fungsi ruangan

Memperhatikan fungsi ruangan merupakan syarat mutlak sebelum Anda mulai mengecat. Dengan cara ini, Anda akan dengan mudah menentukan kombinasi warna yang tepat dan ideal. Kamar tidur contohnya. Karena ruangan ini digunakan untuk istirahat, maka penggunaan warna cat pun harus yang lembut dan teduh.

Kalau pun menggunakan warna gelap, usahakan agar warna tersebut mendominasi seisi ruangan. Idealnya, pembagian untuk kombinasi cat ialah 60:30:10. 60% untuk dominasi warna gelap, 30% untuk warna cat terang, dan 10% lainnya untuk perabotan dengan warna yang selaras.

2. Atur arah cahaya

Kombinasi warna cat rumah yang gelap juga membutuhkan cahaya. Dengan pencahayaan yang ideal, perpaduan warna ini pun akan terlihat lebih cantik dan elegan. Untuk lebih menghemat energi, pastikan arah cahaya yang masuk tepat pada elemen warna terang. Hal tersebut akan membuat tampilan ruangan jadi lebih terang dan cerah kendati didominasi warna gelap.

3. Pilih kombinasi warna yang tepat

Kombinasi yang tepat akan membuat tampilan ruangan jadi ebih cantik dan elegan. Anda bisa menggunakan kombinasi warna gelap dan terang untuk ruangan Anda. Dengan kombinasi ini, ruangan jadi lebih seimbang dan ideal.

Adapun untuk kombinasi warna gelap dan terang yang ideal sendiri ialah:

  • Hitam – putih
  • Biru – putih
  • Hitam – kuning
  • Ungu – putih
  • Merah marun – putih
  • Merah marun – putih – kunging
  • Hitam – putih – hijau muda
  • Dan masih banyak perpaduan warna cat rumah yang gelap lainnya.

4. Opotimalkan warna putih dan terang

Kendati tidak wajib, tapi tips yang satu ini akan membuat ruangan Anda jadi lebih hidup dan cantik. Perpaduan warna gelap dan terang memang jadi alternatif terbaik untuk ruangan yang menggunakan dominasi warna gelap. Dengan cara ini ruangan akan jadi lebih lebih elegan dan cantik.

Di antara warna terang yang ada, warna putih dan warna turunan seperti warna hijau muda jadi alternatif terbaik untuk dipadukan dengan warna gelap. Selain itu, penggunaan gradasi warna juga bisa digunakan untuk kombinasi warna gelap. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu repot-repot mencari warna untuk dikombinasikan dengan warna gelap.

Itulah tadi tips mengombinasikan warna cat rumah yang gelap. Dengan tips di atas, diharapkan Anda jadi lebih tahu dan paham tentang pemilihan warna dan kombinasi warna gelap dalam rumah agar tampilan rumah jadi lebih cantik dan elegan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *