Arti Kata Opname dalam Proyek Konstruksi Bangunan dan Tipsnya

2 min read

Arti Kata Opname dalam Proyek

Arti kata opname dalam proyek sebuah konstruksi bangunan berbeda dengan opname dalam istilah kesehatan. Biasanya opname dalam istilah sehari-hari sering diartikan sebagai rawat inap di rumah sakit. Akan tetapi, pengertiannya jauh berbeda bila menyangkut sebuah proyek.

Opname proyek sendiri merupakan sebuah kegiatan pemeriksaan atau pengukuran hasil dari sebuah pekerjaan. Tujuan dari opname proyek adalah untuk mengetahui progress dari sebuah pekerjaan.

Idealnya pelaksanaan opname dilakukan setiap pihak yang terlibat di dalam sebuah proyek. Seperti pihak pemilik pekerjaan atau owner, pihak pelaksana pekerjaan atau kontraktor dan konsultan pengawas pekerjaan.

Di dalam pekerjaan yang fungsi dan tugas pengawasannya yang berada di owner, maka pelaksanaan opname bisa dilakukan oleh owner dengan kontraktor saja. Sama seperti kontraktor dengan subkontraktor nya, kontraktor dengan kepala tukang borongan atau mandor.

Tips dan Arti Kata Opname dalam Proyek

Dalam dunia konstruksi pengertian opname mempunyai arti mengecek kembali hasil pekerjaan yang sudah dilaksanakan. Di dalam bidang konstruksi juga masih sering dijumpai tata cara yang kurang tepat atau salah ketika melakukan opname di dalam pembangunan.

Oleh sebab itu ada beberapa tips di dalam melakukan senam yang benar pada konstruksi gedung agar bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Melakukan Opname Secara Bertahap

Salah satu kesalahan besar saat melakukan opname dalam bidang konstruksi adalah melakukan opname jika pembangunan gedung hampir selesai. Padahal bila kita bandingkan saat melakukan opname secara bertahap saja belum tentu hasilnya bisa akurat. Apalagi jika opname saat bangunan sudah selesai.

Salah satu tips bagi Anda yang ingin melakukan opname dengan cara yang benar untuk konstruksi gedung adalah dengan opname setiap item pekerjaan yang berlangsung. Atau Anda bisa melakukan opname 1 hari sebelum pemborong meminta upah.

Siapkan Dokumentasi

Setelah memahami arti kata opname dalam proyek anda harus mengetahui pelaksanaannya untuk konstruksi bangunan. Dalam tahap ini anda harus menyiapkan dokumentasi. Dokumentasi menjadi sebuah hal penting saat Anda melakukan opname.

Dokumentasi bisa berupa catatan penting dan juga foto yang diambil. Fungsi dari dokumentasi nantinya akan menjadi bukti yang kuat jika ada sengketa hasil opname. Baik yang dilakukan dari pihak kontraktor pada pemborong atau pihak kontraktor pada pihak pemberi pekerjaan.

BACA JUGA: Tips Menyusun Organisasi Proyek

Membawa Stabilo dan Shop Drawing

Pada konstruksi gedung, tips melakukan opname yang benar adalah gambar copy-an shop drawing serta stabilo sebagai penentuan hasil opname yang sudah diukur. Ketika opname sedang berlangsung anda sebaiknya menandai menggunakan stabilo. Mana sajakah area yang telah diukur di dalam gambar tersebut.

Hal ini tentu saja bisa membantu anda agar lebih jelas dalam membedakan area mana yang telah diukur dan mana yang belum diukur. Bahkan anda juga disarankan untuk membawa berbagai macam warna stabilo. Tujuannya agar bisa membedakan opname antara item pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang lain.

Perhatikan Ketentuan TGR

Selain mengerti apa arti kata opname dalam proyek, tentunya anda juga harus mengetahui tips mudah dalam melakukan opname yang benar terhadap konstruksi sebuah gedung. Anda harus paham apa itu ketentuan TGR. TGR atau Tuntutan Ganti Rugi akan diminta pada pihak kontraktor jika mengerjakan item pekerjaan kurang dari volume rencana kontrak atau addendum.

Jika pihak kontraktor mengerjakan lebih dari volume kontrak, maka uang milik kontraktor harus dikembalikan. Pengembalian tersebut harus mempertimbangkan beberapa poin. Seperti manfaat yang akan diperoleh lebih besar, kualitas dipastikan lebih baik dan lebih menguntungkan negara dengan jangka waktu pemakaian gedung.

Jika tidak memenuhi syarat seperti yang disebutkan tadi, uang kontraktor tidak berhak dikembalikan. Sebab itu dianggap pemborosan anggaran serta tidak teliti dalam pekerjaan.

BACA JUGA: Skema Organisasi Proyek

Setelah Anda paham tentang arti kata opname dalam proyek sebuah bangunan dan bagaimana tips pelaksanaannya agar berjalan dengan baik dan benar. Maka sekarang anda bisa menjalankan proses opnam gedung dengan baik dan akan terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *