Mengetahui Cabang-Cabang Ilmu Teknik Sipil

Teknik sipil merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, manufaktur, hingga pengelolaan/manajemen. Lalu konversi dari beragam jenis fasilitas dan juga sistem untuk mendukung sebuah perkotaan, kota atau pedesaan. Mengenai pilihan topik penelitiannya pun sangat beragam. Seperti jembatan, desain jalan, teknologi untuk melindungi manusia dari bencana seperti gempa bumi dan banjir, sampai konversi lingkungan pada suatu wilayah. Dalam hal ini, kita akan membahas mengenai cabang-cabang ilmu teknik sipil yang perlu Anda ketahui.

Cabang-Cabang Ilmu Teknik Sipil

Dalam bidang ilmu teknik sipil, terbagi ke dalam beberapa segi atau cabang ilmu. Pasalnya, teknik sipil merupakan ilmu yang cukup luas mengenai kajian serta cakupannya.

Berikut ini beberapa cabang dari ilmu teknik sipil, antara lain:

Geoteknik

Merupakan ilmu yang mempelajari mengenai ilmu struktur, sifat tanah, dan juga batuan yang memiliki fungsi sebagai penopang bangunan yang berdiri di atasnya.

Untuk memahami mengenai segala hal yang berada di bawah permukaan tanah. Dalam geoteknik dipelajari tentang dinding penahan tanah, pondasi, mekanika tanah, serta beragam pekerjaan yang berhubungan dengan tanah.

Jika mendalami cabang ilmu sipil satu ini, maka Anda akan terlibat dalam investigasi lapangan. Investigasi tersebut terdiri dari penyelidikan tentang keadaan tanah, meneliti tanah pada laboratorium, hingga merencanakan konstruksi galian.

Dapat dikatakan juga Anda akan menganalisis sifat tanah serta menentukan apakah struktur tanah pada suatu tempat sesuai dan juga baik untuk mendirikan sebuah bangunan.

BACA JUGA: Istilah Bahasa Inggris dalam Teknik Sipil

Struktur Bangunan

Dalam proses pembangunan rumah, dermaga, pelabuhan, stadion atau jenis bangunan lain, maka mahasiswa teknik sipil harus mempelajari mengenai mekanika struktur, struktur kayu, struktur beton, ataupun struktur baja yang lengkap beserta dinamikanya.

Disini akan dipelajari mengenai respon material bangunan terhadap beban yang diterimanya.

Dengan demikian, bangunan tersebut dapat berdiri tegak serta kokoh dengan kerusakan minimal saat terjadi bencana atau gempa.

Pada cabang ilmu teknik sipil satu ini juga akan dipelajari mengenai perencanaan profil serta permodelan struktur bangunan, terowongan, jembatan, jalan, serta beragam insfrastruktur publik lain. Mulai dari pembangunan pondasi hingga siap untuk digunakan.

Hidrologi

Salah satu cabang dari ilmu sipil yang seringkali disebut dengan rekayasa pengairan atau hidrolika. Secara spesifik, ilmu hidrologi air berhubungan dengan cuaca, curah hujan, debit air sungai, banjir, daya dorong air, dan lain sebagainya.

Atau dapat dikatakan, hidrologi lebih berhubungan dengan tekanan air, sifat material air, daya dorong air, dan lain sebagainya.

Wujud dari aplikasi hidrologi dalam teknik sipil antara lain irigasi, pelabuhan, bendungan, kanal, drainase, hingga breakwater.

Maka jika Anda akan menjadi mahasiswa teknik sipil melalui cabang ini, nantinya Anda akan mempelajari yang berhubungan dengan air seperti pengendalian, distribusi, hingga adanya permasalahan di dalamnya.

Transportasi

Dalam cabang ini, Anda akan mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan transportasi. Seperti sistem transportasi, konstruksi bandara, jalan relam permodelan transportasi, konstruksi jalan raya, geometrik jalan raya, hingga rekayasa lalu lintas.

Selain itu, melalui cabang ini, Anda akan terlibat dalam perencanaan hingga penerapan ilmu transportasi pada kehidupan sehari-hari.

Teknik Lingkungan

Pada cabang ini, Anda akan mempelajari mengenai isu-isu lingkungan seperti teknik penyehatan, pencemaran udara, pencemaran sungai, pengelolaan air kotor atau limbah, serta sarana dan prasarana air bersih.

BACA JUGA: Cabang Teknik Sipil Yang Berhubungan dengan Transportasi

Cabang ilmu teknik sipil berikutnya adalah mengenai manajemen konstruksi. Cabang ini dapat menjadi penentu dari suatu proyek konstruksi bisa selesai secara tepat waktu. Hal ini dikarenakan manajemen konstruksi berhubungan dengan penjadwalan pekerjaan, rancangan, anggaran biaya proyek, dan lain sebagainya.

Leave a Comment