Jenis-Jenis Konstruksi Jembatan dengan Masing-Masing Kriteria

1 min read

Jenis Jenis Konstruksi Jembatan

Jembatan merupakan struktur bangunan yang dibuat untuk menghubungkan dua jalan yang terpisah karena adanya hambatan seperti lembah yang curam, jurang, aliran sungai, jalur kereta api, atau jalanan yang melintang, dan lain sebagainya. Selain itu, jembatan seringkali digunakan sebagai sarana untuk jalan raya ataupun rel kereta api. Dalam pembuatan jembatan, tentu diperlukan adanya konstruksi yang tepat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kita bahas mengenai arti dan jenis-jenis konstruksi jembatan secara lebih rinci.

Arti dan Jenis-Jenis Konstruksi Jembatan

Konstruksi jembatan merupakan suatu pekerjaan dalam bidang sipil. Kegiatan ini dapat terealisasikan apabila memenuhi kebutuhan seperti struktur pada tujuan pembangunan jembatan serta fungsi dari konstruksi itu sendiri.

Dalam pembuatan jembatan tentu diperlukan adanya pondasi yang kuat. Hal ini bertujuan untuk dapat menahan keseluruhan beban yang terdapat pada jembatan ke dasar tanah.

Terdapat beberapa jenis instrumen yang seringkali digunakan dalam pembangunan pondasi jembatan, antara lain PDA, inclinomter, dan lain sebagainya.

Jenis pondasi yang sering digunakan pada sebuah konstruksi jembatan antara lain precast prestressed concrete pile, concrete cast in place, reinforced concrete pile, dan composite piles steel pile.

Dengan adanya konstruksi pondasi yang sangat kuat pada bangunan jembatan, hal ini dapat berfungsi dengan baik serta bisa menahan semua beban yang diterima.

Jenis-Jenis Konstruksi Jembatan

Tidak hanya berfungsi dalam sebuah konstruksi jembatan, bangunan jembatan juga memiliki bentuk, jenis, serta ciri masing-masing. Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang terdapat dalam sebuah konstruksi jembatan yang dibangun.

Berikut ini beberapa jenis dari konstruksi jembatan, antara lain:

Beam Bridge

Atau lebih dikenal dengan jembatan girder. Yang merupakan desain yang sangat sederhana dalam sebuah konstruksi jembatan. Pada umumnya, jembatan ini bentuknya horizontal tegak lurus dalam tiang vertikal yang berfungsi sebagai tiang pancangnya untuk memperkuat.

Seringkali tiang pancang dibuat dari material baja atau beton yang ditancapkan ke dalam dasar tanah.

Konstruksi beam bridge sering digunakan untuk menghubungkan dua arah dataran yang mempunyai jarak tidak terlalu jauh. Seperti daratan yang dipisahkan oleh sungai atau muara.

BACA JUGA: Metode Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Jembatan

Truss Bridge

Jenis konstruksi jembatan yang lebih kokoh sebab menggunakan kerangka truss yang bentuknya triangular.

Meskipun tak menancap ke tanah, akan tetapi jembatan menjadi lebih kaku karena adanya bentuk segitiga yang menghubungkan tiang satu dengan tiang yang lainnya.

Selain itu, adanya garis-garis diagonal pada tiang jembatan memiliki fungsi untuk menstransfer beban menuju area yang lebih luas, sehingga beban tidak berkumpul pada satu titik.

Arch Bridge

Arch memiliki arti sebuah lengkungan. Dimana sebuah jembatan yang dibuat dengan bentuk melengkung seperti busur panah. Meskipun secara konstruksi, jenis konstruksi jembatan satu ini lebih menghemat material.

Akan tetapi, secara ketahanan, arch bridge mempunyai desain yang lebih kuat dibandingkan dengan beam bridge ataupun truss bridge.

Cable Stayed Bridge

Merupakan suatu jembatan yang memakai kabel sebagai material satuan pemikul bebannya yang terdapat pada lantai. Dalam konstruksi jembatan satu ini langsung ditumpu oleh tower yang terdapat pada sisi jembatan.

Selain itu, jembatan cable stayed bridge mempunyai titik pusat yang relatif lebih rendah posisinya. Sehingga konstruksi jembatan ini sangat baik untuk digunakan pada kawasan dengan ancaman rawan gempa. Lalu digunakan sebagai ragam panjang bentang 200 hingga 700 meter.

BACA JUGA: PAHS dan SKKNI Jalan dan Jembatan

Jenis-jenis konstruksi jembatan selanjutnya adalah suspension bridge yang merupakan jembatan gantung atau jembatan layang. Pada konstruksi jembatan satu ini, sistem struktur dasarnya berupa kabel utama yang tertumpu untuk memikul kabel gantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *