Jenis Jalan Menurut Fungsinya

Posted on

Jalan adalah salah satu bangunan dalam teknik sipil yang dibuat oleh manusia yang dengan tujuan mempermudah manusia berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain melalui darat. Dari perkembangannya, dahulu manusia hanya mengenal jalan dari tanah yang diperkeras. Hingga saat ini manusia mampu membuat jalan dengan perkerasan jalan dengan menggunakan beton dan aspal.

Link Banner

Ada beberapa jenis jalan menurut fungsinya antara lain :

  1. Jalan Arteri yaitu jalan yang melayani angkutan utama dengan ciri-ciri perjalanan jarak jauh, kecepatan rata-rata tinggi dan jumlah jalan masuk dibatasi secara efisien.
  2. Jalan Arteri Primer yaitu jalan yang menghubungkan kota jenjang ke satu yang terletak berdampingan atau menghubungkan kota jenjang ke satu dengan kota jenjang ke dua.
  3. Jalan Arteri Sekunder, jalan yang menghubungkan kawasan primer dengan kawasan sekunder ke satu atau menghubungkan kawasan sekunder ke satu dengan kawasan sekunder ke satu atau kawasan sekunder ke satu dengan kawasan sekunder ke dua.
  4. Jalan Kolektor yaitu jalan yang melayani angkutan pengumpulan / pembagian dengan ciri-ciri perjalanan jarak sedang, kecepatan rata-rata sedang dan jumlah jalan masuk dibatasi.
  5. Jalan Kolektor Primer yaitu jalan yang menghubungkan kota jenjang ke dua atau menghubungkan kota jenjang kedua dengan kota jenjang ketiga
  6. Jalan Kolektor Sekunder yaitu jalan yang menghubungkan kawasan sekunder kedua dengan kawasan sekunder kedua atau menghubungkan kawasan sekunder kedua dengan kawasan sekunder ketiga.
  7. Jalan Lokal yaitu jalan yang melayani angkutan setempat dengan ciri ciri perjalanan jarak dekat, kecepatan rata-rata rendah dan jumlah jalan masuk tidak dibatasi.

Baca juga Jalan ArteriJalan KolektorJalan Lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *